candi dieng

Dataran Tinggi Dieng terletak di ketinggian 2093 lebih dari permukaan air laut, secara Administratif daerah tersebut di bagi menjadi dua wilayah yaitu Desa Dieng Kulon Batur kabupaten Banjarnegara dan Desa Dieng Wetan Kejajar kabupaten Wonosobo Jawa Tengah.

Dieng Plateau merupakan Sebuah daerah Pegunungan yang memiliki berbagai Keindahan alam , Peninggalan kebudayaan masa lampau, serta beraneka ragam keunikan seni dan budaya serta memiliki kearifan lokal yang masih di lestarikan oleh mayarakat di dataran tinggi dieng.

Nama Dieng di ambil dari bahasa sanskerta yaitu dari kata Di dan Hyang sehingga bila digabungkan memiliki arti Tempat para leluhur atau gunung bersemayamnya Dewa dan Dewi ( Hindu ).

Dataran Tinggi Dieng terbentuk akibat letusan dahsyat masa silam yang membentuk pegunungan di sekitarnya seperti gunung prau, gunung pangonan, gunung sikendil, gunung pakuwaja, gunung pagar kandang, gunung sipandu, gunung nagasari, dan deretan perbukitan di kawasan pegunungan dieng , sehingga gunung dalam mitologi agama Hindu di anggap sebagai puncak tertinggi untuk mencapai Nirwana.

Bukti dari kejayaan sebuah kerajaan yang pernah ada di Jawa tengah salah satunya meninggalkan bangunan Kuno berupa Kuil atau Candi. Selain Peninggalan Mahakarya dari dinasti Sanjaya ( abad 7 masehi ) Pegunungan Dieng juga mempunyai banyak tempat menarik nan indah yang wajib untuk di kunjungi oleh wisatawan. visit dieng plateau 2013 dengan motto yaitu  Kenali dan Cintai Negeri .

Iklan