visitdieng

Info wisata alam untuk pendakian ke gunung prau dieng atau lebih di kenal sebagai gunung seribu bukit semakin di minati kalangan wisatawan akhir -akhir ini. akses yang paling mudah untuk di lalui bagi para travelers yaitu dari dieng plateau , siti hinggil, gemekan , bukit bucu, plintangan, tower, dan telaga wurung. Pegunungan di dataran tinggi dieng kini menjadi destinasi wisata utama untuk kegiatan wisata alam bebas atau berpetualang, gunung prau dieng sebagai gunung tertinggi di kawasan dataran tinggi dieng dengan ketinggian 2.565 m dpl memiliki panorama yang sangat indah terutama bila berkunjung di musim kemarau  ( juli-agustus ).

Selain bukit sikunir yang terkenal dengan golden sunrisenya , gunung prau dieng sendiri juga tidak kalah indahnya ketika melihat pemandangan munculnya matahari di atas gunung dengan pemandangan yang spektakuler. Deretan pegunungan yang membentang dari arah utara hingga selatan terdapat beberapa gunung di jawa tengah seperti gunung sindoro, gunung sumbing, gunung merbabu, gunung merapi, gunung telomoyo, gunung batok, gunung ungaran, serta perbukitan di sekitar kaki gunung prau itu sendiri.

Wisata Adventure bagi wisatawan minat khusus memang akan menjadi sebuah kenangan yang tak terlupakan setelah mendaki ke puncak tertinggi di pegunungan dieng. dapat di saksikan hijau padang rumput telaga wurung, hiasan bunga liar seperti bunga daysi atau bunga ceplikan ( jawa ), pegunungan Slamet , gunung cermai, gunung raja lawe, dan danau unik ( telaga warna dan pengilon ) di lihat di pagi hari.

Jalur pendakian yang bisa di tempuh dengan durasi 3 jam tersebut bisa di lakukan di sore hari sambil menanti matahari tenggelam ( sunset ) bahkan di malam hari untuk melihat indahnya area plintangan ( hutan cemara tempat melihat taburan bintang di langit dari sela-sela pepohonan cemara ). Kegiatan wisata ke gunung prau juga di gunakan untuk berkemag atau camping, hunting, dan trekking di pagi hari.